Sunan Ampel Scout Competition

foto0029

Seiring berjalannya waktu, pramuka Pondok Full Day Sunan Ampel terus berkembang. Program tahunan, bulanan dan harian yang menyangkut segala hal tentang pramuka terus dikonsistenkan dari hal-hal yang paling sepele hingga hal-hal yang besar. Walaupun sudah ditinggal oleh Boden Powellnya Pondok Full Day Sunan Ampel, pengurus pramuka terus berusaha sekuat tenaga menjaga wibawanya sebagai pramuka yang disegani di Banyuwangi. Tidak hanya itu, yang terpenting adalah menjaga pramuka sebagai salah satu kegiatan yang mendidik dan berkualitas di Pondok Full day Sunan Ampel.

Walaupun begitu, ada salah satu cita-cita (lebih tepatnya program) yang belum terlaksana sejak pertama kali pramuka didirikan di Pondok Full Day Sunan Ampel, yaitu mengadakan lomba pramuka se-Kabupaten. Belum terlaksananya program tersebut disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya karena belum populernya lomba pramuka di kabupaten Banyuwangi sendiri sehingga sangat minimnya gugus depan yang menguasai skill pramuka yang biasa dilombakan di daerah lain. Selain itu, dukungan dari pondok yang minim juga menjadi kendala. Hal ini disebabkan oleh ada hal-hal lain yang dianggap lebih perlu diperhatikan terlebih dahulu daripada lomba pramuka. Tetapi sepertinya tahun kali ini pondok bisa memberikan dukungan kepada kami untuk mengadakan lomba pramuka.

Oleh karena itu, pada tahun ajaran ini kami merencanakan untuk melaksanakan program ini. Pada awal tahun ajaran baru yang lalu, direktur sudah meminta izin dan menerangkan teknisnya kepada pengasuh. Karena lomba ini juga bisa menjadi syi’ar pondok, pengasuh akhirnya mengizinkan dan mendukung agenda ini. Tentunya bukan hal yang mudah menarik peserta untuk mengikuti lomba ini sesuai target. Salah satu alasannya adalah hal yang telah dikemukakan diatas, yaitu belum populernya lomba pramuka di kabupaten Banyuwangi sendiri sehingga sangat minimnya gugus depan yang menguasai skill pramuka yang biasa dilombakan di daerah lain.

Untuk mengatasi hal ini, kami mengirimkan pembina-pembina pramuka untuk membina di gugus depan-gugus depan MI dan SD di sekitar pondok. Sampai sekarang, masih ada 8 gugus depan yang dibina oleh pembina-pembina pramuka dari pondok. Agenda ini akan dilaksanakan pada bulan Januari jika tidak ada kendala. Panitia juga sudah dibentuk dan sudah membuat rancangan kegiatan serta lomba-lombanya. Diantara yang akan dilombakan adalah scouting skill dan keterampilan & kesenian. Scouting skill sendiri meliputi lomba LKBB (baris berbaris), pionering, TBP (Transfer berita pendek/ morse dan semaphore), yel-yel, cerdas cermat dan wade game. Untuk keterampilan dan kesenian diantaranya art performance, hasta karya, melukis doodle, puisi dan adzan.

Segala Petunjuk Teknis dan Petunjuk Pelaksanaan akan diunggah menyusul. Kami berharap semua santri dan juga alumni ikut berpartisipasi minimal menyebarkan informasi ini.

 

2 Tanggapan

  1. kok program pramuka yang paling ditonjolkan….kalau bisa program yang lain lah biar semakin menarik

Tinggalkan komentar