Hafal dan Mengerti Isi Dasa Dharma dan Tri Satya

  1. A.    Tri Satya Penggalang

Demi Kehormatanku Aku berjanji akan bersungguh-sungguh :

–        Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara kesatuan Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila.
–        Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
–        Menepati Dasa Darma.

Pengertannya :

    1. Tri Satya merupakan janji seorang Pramuka yang harus ditepati.
    2. Pramuka berjanji dengan Tri Satya, dengan sepenuh kehormatannya dan ia selalu berusaha memenuhi janjinya itu demi kehormatannya semata.
    3. Kewajiban kepada Tuhan, jelas ia harus memeluk suatu agama yang diyakini. Segala ajarannya dilakukan dan segala larangannya dihindarkannya.
    4. Kewajiban kepada negara, seorang Pramuka akan selalu berusaha menjunjung tinggi kehormatan dan kewibawaan negaranya (Indonesia) dengan jalan tunduk kepada undang-undang yang berlaku, menghormati benderanya, melaksanakan dasar negaranya menghayati lambang negaranya, mengakui pemerintahannya, dan menghayati lagu kebangsaannya.
    5. Mengamalkan Pancasila, dengan jalan melaksanakan dan menjalankan tuntunan tingkah laku dalam butir butir pancasila.
    6. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat, sudah dijelaskan dalam uraian Dasa Darma. Sedang mempersiapkan diri untuk membangun masyarakat, seorang penggalang harus mencari ilmu di sekolah dan pengetahuan di masyarakat agar kelak setelah dewasa ia menjadi manusia yang berguna. Segala ketrampilan ia pelajari sebaik-baiknya untuk persiapannya dikemudian hari.

B.    Dasa Dharma :
Pramuka Itu :

    1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    2. Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia
    3. Patriot yang sopan dan ksatria
    4. Patuh dan suka bermusyawarah
    5. Rela menolong dan tabah
    6. Rajin, terampil dan gembira
    7. Hemat, cermat dan bersahaja
    8. Disiplin, berani dan setia
    9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
    10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Pengertiannya :

1)    Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Seorang pramuka beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjalankan segala perintah-Nya serta menjauhi segala larangannya sehingga menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur

2)     Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Seorang pramuka dapat merasakan suka dan derita yang dialami dengan lingkungan sekitarnya dan juga peduli kepada makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan dengan tidak menyakitinya serta peduli kepada masyarakat disekitarnya

3)     Patriot yang sopan dan kesatria

Seorang pramuka adalah seorang yang cinta tanah air, siap berbakti, setia,dan siap membela serta siap menjunjung tinggi martabat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4)     Patuh dan suka bermusyawarah

Patuh berarti setia dan bersedia melakukan sesuaaatu yang sudah disepakati dan ditentukan.sedangkan Musyawarah adalah laku utama seorang demokrasi yang menghormati pendapat orang lain.

5)     Rela menolong dan tabah

Seorang pramuka siap menolong sesamanya ketika tertimpa masalah ataupun ketika menghadapi suatu masalah tanpa ada rasa pamrih dan rasa ingin mendapat imbalan dan ikhlas, sabar dan tidak akan mengeluh saat mendapatkan cobaan

6)     Rajin terampil dan gembira

Sebagai manusia, seorang pramuka dibekali akal budi untuk membedakan dengan makhluk yang lain. Tetapi itu tidak akan berarti tanpa proses pengembangan diri secara terus menerus dan istiqomah. Dan juga sebagai seorang pramuka yang terampil, seorang pramuka mampu berdiri diatas kaki sendiri yang menjadi syarat utama keahlian dan keteraampilan sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat. Walaupun banyak kesulitan yang dihadapi, dia tetap tangguh, optimis serta positif thinking yang menimbulkan suasana kegembiraan dan ketenangan jiwa.

7)     Hemat cermat dan bersahaja

Hemat cermat dan bersahaja diartikan sebagai suatu hidup yang terarah dalam menggunakan sesuatu dengan tepat menurut kegunaanya, teliti dalam setiap keadaan sehingga  ia senantiasa waspada serta berani untuk menjadi diri sendiri.

8)     Disiplin berani dan setia

Seorang pramuka harus bisa mengendalikan diri dan berani mempertahankan apa yang diyakininya

9)     Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Seorang pramuka mampu dan mau menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik

10)  Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

Seorang pramuka mampu berfikir jernih untuk melihat sisi baik dari suatu masalah dan mengatakan yang baik dan jujur tanpa menyinggung orang lain serta mengaplikasikan pikiran dan perkataan yang suci dengan perbuatannya, sehingga pramuka sanggup dan mampu berbuat yang baik dan benar

2 Tanggapan

  1. . Wha,,?
    Bagusss Bnqettt

  2. makasih..,info x brmanfaat bgt..,
    thank u

Tinggalkan komentar